Sunday, November 6, 2016

Capeknya tukang prahu tambangan

Tags

Sudah sekitar satu minggu ini, tambangan ( tempat penyebrangan perahu  transportasi ) di Desa Kandangan Kecamatan Trucuk setiap pagi sulit beroperasi. semisal terlihat ditambangan Rt 15 yang punya julukan Tambangane rt setiap pagi memilih libur tidak dioperasikan ( padahal tambangan yang menghubungkan antara desa kandangan dan mojosari ini terbilang sangatlah ramai ) hal tersebut disebabkan perahu tambangan setiap pagi kandas, bahkan perahu tersebut sering menggantung dan berada di daratan.
Fenomena ini membuat sarana transportasi di desa kandangan tidak bisa maksimal, sering terjadi keterlambatan para warga yang memiliki aktifitas disebrang bengawan, baik para pekerja maupun anak-anak yang hendak berangkat sekolah.
Mendengarkan Mas Kacuk, yang berprofesi sebagai tukang tambang di Rt 15 menjelaskan " Kondisi bengawan yang berada di hulu bendung gerak setiap hari dimulai  pukul delapan pagi sampai  sore perlahan namun pasti mengalami kenaikan air, hingga air penuh, hal ini disebabkan posisi bendung gerak ditutup, sedangakan kalau malam sampai pagi bendung gerak dibuka, sehingga air yang ada di hulu bendung gerak habis, itulah sebabnya kenapa tiap pagi perahu kandas dan menggantung didaratan bengawan."
Kenapa Mas Kacuk memilih libur ? ya jelas saja lha wong perahunya kandas didaratan, Mas Kacuk memilih menunggu air naik sehingga perahunya bisa beroperasi lagi, namun setelah bisa dioperasikan lagi kerja beratpun harus siap  dilakukan misalnya menata trak untuk penghubung perahu dan daratan ( sering disebut WOT ) membersihkan lumpur yang menumpuk ( biasa disebut LINET ) hal inidikerjakan secara kontinyu dan berulang-ulang karena kondisi air terus naik.

Berbeda lagi dengan cerita Mas Kacuk, ditambangan yang masih terletak di  Rt 15 juga yakni Tambangane Pak Dasuki  tetap memilih berusaha beroperasi sehingga jika pagi hari antrian bisa mencapai puluhan meter.
seperti terlihat distatus  galaunya akun facebook salah satu warga yang bernama Aak Bendot
Dia mengatakan soapan tekane pasar ? " kapan nyampainya pasar? "
lha wong kondisi normal aja antriannya penuh apalagi kondisi kayak begini, warga yang akan menyebrang harus nunggu bongkar pasang Trak/wot ditambah lagi harus nunggu pembersihan lumpur/linet yang licinnya minta ampun./Ubay

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon