Thursday, August 9, 2018

Jelang Pemilu, Gerakan Desa Damai Kembali Digulirkan

Tags

Usulan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mangun Jaya mengenai program yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu kembali mendapat apresiasi dari Pemdes Kandangan. "Kami kemarin mengusulkan agar program serupa yang kami inisiasi saat pelaksaan Pemilihan Bupati Bojonegoro kembali dilakukan," kata Wahyu Rouf, Ketua KIM Mangunjaya.

Program tersebut berupa Gerakan Desa Damai yang telah terbukti pada gelaran Pilkada lalu. Kepala Desa Kandangan, H Tamban, mengatakan bahwa pihaknya tak meragukan program usulan dari KIM Mangunjaya tersebut.

"Karena sudah terbukti. Pada Pilkada lalu sebenarnya potensi gesekan antar masyarakat pendukung Cabup cukup mengkhawatirkan. Namun ternyata gerakan yang dilakukan KIM ini cukup efektif untuk meminimalisirnya," tambahnya.

Gerakan Desa Damai merupakan program insidentil usulan KIM Mangunjaya yang pertama kali dilaksanakan menjelang Pilkada Serentak pada tahun 2018 ini.

Dalam program tersebut, KIM Mangunjaya dipercaya menjadi operator Posko Gerakan Desa Damai. Yakni membuka saluran pengaduan dan laporan terkait seluruh tahapan Pilkada serta bila sewaktu-waktu ada kejadian yang mengancam persatuan di Desa Kandangan.

Selain Posko Gerakan Desa Damai, KIM Mangunjaya bersama Pemdes secara berkala juga melakukan kegiatan pendekatan langsung ke masyarakat. Yakni secara door to door maupun dalam kesempatan waktu luang di warung-warung kopi.

"Kalau door to door, kami sengaja bertamu ke warga. Yakni warga yang dirasa mempunyai pengaruh, di situ kami melakukan pendekatan secara ndeso, yakni jagongan dan ngobrol ngalor ngidul," jelas Rouf. (*/Kim)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon